Rabu, 13 Oktober 2010

Masa Depan Indonesia Tanpa Korupsi

dunia pendidikan peran SI sangat berpengaruh, sebagai contoh di dalam sistem informasi kita belajar mengenai hardware,software,brainware atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan. yang sebelumnya kita harus melalui proses mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu.

Didalam dunia pendidikan Sistem Informasi (SI) memegang peranan yang cukup penting Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini. Hampir di seluruh sektor bisnis di dunia ini menggunakan sistem informasi di perusahaan mereka. Bukan hanya itu mereka pun selalu berusaha melakukan berbagai macam cara untuk menggembangkan sistem informasi yang digunakan di perusahaan mereka. Hal tersebut disebabkan karena sistem informasi memegang peranan yang cukup penting dalam bisnis mereka. karena Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang menerima sumber daya data sebagai input dan memprosesnya ke dalam produk informasi sebagai outputnya. secara tidak langsung Sistem Informasi (SI) mengajarkan kita untuk menghadapi masa depan dengan pemikiran yang matang untuk kedepannya. karena didalam bidang pendidikan Sistem Informasi (SI) mengajarkan kita cara menyebarkan informasi dengan tahap-tahap yang telah ditentukan untuk mempermudah penyelesaian masalah.

Kebutuhan akan kecanggihan teknologi memaksa pendidik /guru untuk menguasai teknologi tersebut.Dahulu tugas-tugas diberikan melalui buku yang siswa miliki.Kini,siswa hanya diperintahkan untuk mendownload tugas dan materi pelajaran yang diberikan.

Tidak hanya menggunakan media internet,bagi siswa yang tidak memasang internet dirumah.Mereka dapat mendapatkan semua materi pelajaran dengan menggunakan softcopynya.

Dalam tingkat pendidikan yang lebih tinggi,system informasi dirasakan sangat dibutuhkan.Kebutuhan mahasiswa akan informasi khususnya mahasiswa yang terkait dengan bidang computer memaksa mereka untuk haus akan informasi.Pertmenuan di kelas dengan dosenpun kini dapat dilakukan dengan e-learning,semua materi kuliah juga dapat dilihat dari e-book.

Masih banyak lagi peranan dari system informasi dalm bidang pendidikan.Efektif dan efisiensi merupakan salah satu manfaat terbesar dari peranan system informasi.Kedepannya,system informasi diharapkan lebih berkembang dan dapat memberikan banyak manfaat bagi dunia pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar